Search

Bagaimana SharePoint dan Nintex Bekerjasama dalam Mengembangkan Aplikasi E-Memo?



Dalam menjalankan proses bisnis secara profesional, tentunya diperlukan suatu implementasi data manajemen yang baik dan efisien dengan tujuan untuk membantu produktifitas bisnis Anda berjalan sesuai hal yang diharapkan.


ISID Indonesia hadir sebagai penyedia layanan SharePoint yang sudah berpengalaman dan membantu menciptakan solusi yang inovatif dalam mencapai proses bisnis. Hal ini didukung oleh efektivitas yang dimiliki oleh SharePoint, dimana proses bisnis dapat dengan mudah diakses baik dari kantor atau secara mobile dan dapat disediakan dengan lingkungan infrastruktur cloud.


Bagaimana SharePoint dan Nintex Bekerjasama dalam Mengembangkan Aplikasi E-Memo?

Salah satu contoh SharePoint yang pernah dihadirkan oleh ISID Indonesia untuk memaksimalkan produktivitas bisnis yakni mengembangkan Aplikasi E-Memo yang didukung oleh solusi Nintex Workflow. Secara umum Aplikasi E-Memo terbaru memilki beberapa keunggulan yang dibangun di atas SharePoint 2016 dan Nintex Workflow 2016.


Aplikasi E-Memo dapat diakses oleh pengguna, tidak hanya dari tempat kerja tetapi juga dapat diakses dari perangkat seluler pribadi pengguna. Kemampuan ini dianggap sebagai kemampuan yang sangat penting karena sebagian besar Top Management Bank sering menggunakan perangkat seluler pengguna untuk mengakses aplikasi. Dengan kemampuan ini, pengguna dapat dengan mudah menyetujui atau menolak suatu memo.



Salah satu fitur penting dalam E-Memo adalah fiturChange Approver”. Dengan menggunakan fitur ini pengguna atau Admin dapat menambahkan dan memberi persetujuan baru ke urutan persetujuan tertentu, mengubah pemberi persetujuan urutan tertentu, mengubah urutan pemberi persetujuan, atau menghapus urutan persetujuan. Pada saat proses change approver mengubah pemberi persetujuan, maka aplikasi akan memanggil Web API untuk melakukan "Force Complete". Selanjutnya alur kerja akan melanjutkan ke langkah berikutnya dan membuat tugas untuk memberi persetujuan baru.


Benefit Nintex – SharePoint

Solusi Nintex Workflow menunjukkan kisah sukses untuk Bank, dengan solusi Nintex Workflow dan SharePoint yang diimplementasikan ke dalam aplikasi E-Memo terbaru, Bank mendapat beberapa manfaat utama serta keuntungan dari penerapan E-Memo dari ISID Indonesia seperti:


Peningkatan efisiensi biaya

Solusi alur kerja Nintex bekerja secara digital dan tidak ada lagi memo berbasis kertas (fisik), sehingga tidak terdapat biaya yang dibutuhkan untuk kertas dan tinta, sehingga tidak terdapat biaya yang dibutuhkan untuk mengirim dan mengambil memo berbasis kertas. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada biaya yang dibebankan kepada perusahaan sehingga efisiensi biaya dapat diutamakan.


Transparansi komunikasi

Komunikasi yang disampaikan di dalam suatu memo dapat dipastikan tidak dapat terjadi diskomunikasi (kesalahan dalam berkomunikasi), hal ini dapat dibuktikan karena memo memilki bukti dari yang penulis katakan. Jika terjadi suatu perselisihan antara karyawan dan manajer dapat merujuk kepada suatu memo untuk menyelesaikan konflik yang terjadi.


E-Memo sebagai catatan operasional

E-Memo bisnis dapat menunjukkan sesuatu yang sedang terjadi di perusahaan. Memo dapat menunjukkan siapa yang terlibat, tujuannya dan siapa yang memprakarsainya. Dengan menyimpan salinan digital dari setiap memo yang dihasilkan, perusahaan memiliki catatan operasi yang tersimpan secara utuh. Hal Ini berguna untuk audit dan menunjukkan kepada investor serta pihak berkepentingan lainnya.


Flexible dan efisien dalam teknis operasional

Karyawan bank dapat membuat dan mengirimkan memo secara effisien. Ketika memo dicetak secara fisik, karyawan dapat membaca E-Memo di waktu luang mereka. Hal Ini tidak terlalu mengganggu dibandingkan alat komunikasi lain seperti panggilan telepon, pesan instan, dan alat komunikasi sejenis.


Mendorong berpikir kritis

Setiap E-Memo sudah dirancang secara singkat dan langsung kepada tujuan yang disampaikan. Hal tersebut mendorong kita untuk berpikir kritis tentang apa yang dimasukan ke dalam E-Memo tersebut. Hal ini dapat menjadi suatu gambaran yang jelas tentang maksud penulisan dan tujuan memo dalam jangka panjang.


Waktu penyelesaian memo yang “singkat”

Proses penyelesaian memo dapat dilakukan dengan mudah dan singkat. Dapat dibandingkan secara alur proses bahwa dengan cara hardcopy (manual) dibutuhkan satu orang untuk menyerahkan memo kepada karyawan serta memasukkannya ke dalam kotak surat karyawan. Proses “manual” ini tentunya dapat memerlukan waktu lebih dari satu hari kerja untuk mengirimkan memo dari departemen ke departemen lainnya. Dengan solusi E-Memo, tentunya bank dapat dengan mudah merilis memo ke ratusan atau bahkan ribuan pekerja dengan cukup hanya dengan satu klik, sehingga mengeluarkan memo hanya dalam hitungan detik.


Selain contoh kasus diatas masih banyak keunggulan yang dapat dihadirkan oleh SharePoint dari ISID Indonesia. Mari maksimalkan proses bisnis dengan beragam benefit yang akan anda dapatkan dari SharePoint bersama ISID Indonesia.


Tertarik mengenal lebih jauh tentang SharePoint yang dimiliki ISID Indonesia?

Silahkan hubungi kami di hanbai_id@isidsea.com


8 views0 comments