Search

Bagaimana SharePoint Bekerja dalam Meningkatkan Produktivitas Pembayaran Perbankan?


Dalam menjalankan proses bisnis secara profesional, tentunya diperlukan suatu implementasi data manajemen yang baik dan efisien dengan tujuan untuk membantu produktifitas bisnis Anda berjalan sesuai hal yang diharapkan.


ISID Indonesia hadir sebagai penyedia layanan SharePoint yang sudah berpengalaman dan membantu menciptakan solusi yang inovatif dalam mencapai proses bisnis. Hal ini didukung oleh efektivitas yang dimiliki oleh SharePoint, dimana proses bisnis dapat dengan mudah diakses baik dari kantor atau secara mobile dan dapat disediakan dengan lingkungan infrastruktur cloud.


Solusi yang Inovatif telah dihadirkan SharePoint dan Nintex dalam Workflow pembayaran perbankan.

Salah satu contoh SharePoint yang pernah dihadirkan oleh ISID Indonesia dalam memaksimalkan produktivitas bisnis yakni solusi untuk efektivitas “Produk Pembayaran”. Hal ini merupakan suatu proses penanganan transaksi yang efektif sebagai pengiriman uang dari satu bank ke bank lain dan juga bisa melakukan proses penukaran valuta asing. Saat nasabah ingin melakukan transaksi valuta asing, nasabah akan mengisi dokumen yang terdiri dari rincian transaksi dan dokumen-dokumen yang terlampir didalamnya.



ISID Indonesia telah dipercaya untuk mengotomatisasi suatu produk pembayaran perbankan dengan SharePoint sebagai solusinya. Kami merancang alur kerja dengan menggunakan Nintex Workflow 2013 dengan membuat formulir khusus untuk menampilkan dan memasukkan data. Ketika petugas ingin melakukan transaksi valuta asing, maker akan menginput data ke dalam aplikasi dan melampirkan scan dokumen terkait, disisi lain checker bertugas untuk mereview kembali dari proses yang sudah di input oleh maker.


Lampiran akan disimpan di pustaka SharePoint, sehingga dapat dikelola dan diambil dengan mudah. Alur kerja akan dipicu secara otomatis setelah data disimpan dan dalam hitungan detik transaksi akan secara otomatis ditampilkan di halaman pemberi persetujuan. ISID Indonesia merancang aplikasi untuk menampilkan daftar tugas berdasarkan ketersediaan data di database Nintex Workflow yang mencakup beberapa tabel seperti WorkflowInstance, WorkflowProgress, HumanWorkflow dan HumanWorkflowApprovers. Dengan metode ini proses menjadi sederhana dan hanya perlu satu prosedur tersimpan dengan pengguna login sebagai parameter untuk menampilkan daftar tugas pengguna .


Halaman detail tersebut merupakan halaman HTML khusus untuk menampilkan detail transaksi, sedangkan untuk tombol (berwarna biru) di bagian bawah aplikasi merupakan default dari desain Workflow. Sebagai contoh jika tugas adalah request for approval maka nama tombol akan menjadi "Approve". Oleh karena itu nama tombol akan ditampilkan berdasarkan desain Workflow seperti Approve, Reject, dan Revise. Dengan fleksibilitas tersebut, dapat diketahui bahwa dengan mudah untuk dapat menambahkan atau memperbarui desain alur kerja yang tidak akan berdampak besar pada aplikasi. Ketika pengguna menyelesaikan tugas (mengklik tombol setuju atau tolak) aplikasi akan memanggil layanan Web Nintex untuk menyelesaikan tugas.


Manajemen dapat melihat TaT (Turn Around Time) dari setiap transaksi dan waktu yang dihabiskan oleh setiap approval, sehingga mereka dapat menilai kinerja setiap karyawan dan dapat mengambil keputusan yang tepat. Dengan menggunakan data availability di database Nintex, ISID Indonesia membuat custom chart untuk menunjukkan jumlah transaksi per hari (jumlah workflow instance) dan rata-rata TaT sebagai berikut:


Grafik di halaman tengah menampilkan jumlah transaksi (workflow instance) produk dan waktu, sedangkan grafik halaman kanan menampilkan rata-rata TaT per produk dan SLA yang ingin dicapai. Dengan menggunakan informasi ini, manajemen tingkat atas dapat memperoleh informasi tambahan untuk membuat keputusan strategis. Di awal tahun 2015 beberapa bank swasta di Indonesia telah mengimplementasikan solusi alur kerja Nintex – Sharepoint untuk Produk Pembayaran yang disebut “Workflow” di kantor pusat dan beberapa cabang.


Saat ini, ada sekitar 600 pengguna aktif yang menggunakan Workflow. Proses modul alur kerja ini merupakan produk pembayaran yang digunakan hingga saat ini sebagai alat bantu bagi perbankan untuk melakukan kegiatan operasional secara efektif dan Inovatif. Di awal tahun 2016, beberapa perbankan telah mengimplementasikan Workflow Nintex untuk mencakup proses bisnis, yaitu:

  • Operasi Pasar Treasury

  • Pemeliharaan CIF

  • Operasi Pinjaman (Pencairan, Rollover, Pelunasan, dan Pemeliharaan Bunga)

Selain contoh Implementasi diatas masih banyak keunggulan yang dapat dihadirkan oleh SharePoint dari ISID Indonesia. Mari maksimalkan proses bisnis Anda dengan beragam benefit yang akan Anda dapatkan dari SharePoint bersama ISID Indonesia.


Tertarik mengenal lebih jauh tentang SharePoint bersama ISID Indonesia? Silahkan hubungi kami di hanbai_id@isidsea.com


9 views0 comments